Apa itu JDM??? - 22 November 2011 - automodified
Domo-kun

Our poll

Rate my site
Total of answers: 80

Statistics


Total online: 30
Guests: 30
Users: 0

Login form

Main » 2011 » November » 22 » Apa itu JDM???
7:47 PM
Apa itu JDM???

JDM (Japan Domestic Market) atau "pasar lokal Jepang” dalam hal ini memiliki arti "suatu kondisi” dimana perlengkapan standard sebuah mobil buatan Jepang hanya dibuat dan dipasarkan untuk area Jepang. Biasanya perlengkapan tersebut lebih lengkap dari pasar manapun di dunia, mengingat produsen mobil Jepang "memanjakan” pasar lokalnya meskipun volume penjualan tidak seberapa dibanding diluar Jepang (baca: nasionalisme yang tinggi).

JDM adalah istilah yang "diciptakan” oleh pemerhati otomotif Amerika karena terdapat perbedaan spesifikasi dengan USDM (United States Domestic Market). Ada kemungkinan mereka iri dengan spesifikasi mobil Jepang di Amerika yang lebih rendah dari di Jepang. Di Eropa sendiri, pada awalnya istilah JDM tidak terlalu terdengar karena spesifikasi kendaraan disana tidak terpaut jauh dengan di Jepang, terlebih ada negara yang memiliki right hand steering sama seperti Jepang.

Pada awalnya, istilah JDM banyak dikaitkan dengan spesifikasi mesin. Sejak tahun 70-an, setiap mobil jepang yang dipasarkan di Amerika hampir pasti mengalami specdown di area mesin. Hal ini terjadi karena pemerintah Amerika menetapkan batas emisi yang ketat bagi kendaraan yang akan dipasarkan di negerinya. Ingat saat2 Soichiro Honda memutar otak untuk memodifikasi mesin civic 1st gen agar dapat lolos regulasi dan dipasarkan di Amerika. Lama kelamaan istilah JDM ikut merambah berbagai fitur yang terdapat di mobil, dari interior, eksterior, audio, velg dan lain-lain.

Pada civic 4th gen, ada cukup banyak parts JDM, seperti light pole. Light pole diciptakan untuk memudahkan pengemudi memarkirkan mobilnya di area yang sempit. Sangat relevan bagi Jepang, tapi tidak relevan bagi Amerika yang memiliki parking lot sangat besar. Contoh masa kini adalah parking camera di mobil2 built-up asal Jepang. Mobil2 tersebut dilengkapi fitur parking camera dengan display di monitor berbahasa kanji, it’s a true JDM. Berbeda dengan pasar Australia, walau sama2 right hand steering, tapi tanpa huruf kanji. That’s not JDM.

Parts JDM berupa segala macam parts Original Equipment Manufacturer (OEM) atau original dari pabrikan mobil, maupun kerjasama dengan pabrikan lainnya. Contoh, velg bekerjasama dengan enkei, namun hanya untuk pasar lokal Jepang, maka velg tersebut dapat dikatakan velg JDM. Contoh lainnya, foglamp yang dibuat oleh raybrig, head unit buatan Panasonic dengan label Honda, dan sebagainya. Intinya adalah, segala sesuatu yang hanya dibuat untuk pasar Jepang.

Tidak selamanya parts JDM lebih lengkap dari non JDM. Contoh, 3rd brake light di civic 4th gen, konon kabarnya tidak dijumpai di Jepang. Meskipun buatan Stanley, 3rd brake light ditemui di civc EF USDM karena kebijakan pemerintah Amerika yang sangat concern dengan keselamatan, dan beberapa negara lain. Ducktail karet buatan FOHA, konon tidak dijumpai di Jepang, bahkan di brosur Honda Acces, namun ditemui di brosur aksesori Honda Jerman.

Karena keterbatasan informasi, banyak yang salah mengartikan istilah JDM. Paling mudah ditemui adalah pemakaian istilah JDM kepada barang2 buatan tuner Jepang. Contoh, Mugen adalah tuner resmi Honda. Pada awalnya, Mugen hanya memiliki kantor di Jepang, namun pada akhirnya Mugen membuka kantor perwakilan di berbagai benua, sehingga produk2 Mugen dapat ditemui di dealer resmi di berbagai benua yang berakibat Mugen tidak dapat disebut sebagai produsen parts JDM.

Spoon sports, tanabe, cusco, enkei, dan semua merk tuner jepang juga tidak dapat disebut sebagai JDM, meskipun beberapa diantaranya hanya dapat diperoleh di Jepang. Alasannya, karena mereka bukan OEM. Mereka lebih tepat disebut Japanese Racing Style, atau apapun selain JDM. Japs racing style sangat berbeda dengan Touring car Eropa (BTCC maupun DTM). Japs racing style lebih dekat ke street racing. Cirinya, penggunaan ukuran velg yang masuk akal dibandingkan ukuran rumah roda mobil, sehingga mobil masih nyaman dipakai harian, serta bentuk bodi mobil yang tidak berubah dari standardnya.

Seiring berjalannya waktu, JDM berubah menjadi aliran modifikasi. Dengan mengadopsi parts JDM, kendaraan berada pada "kasta” yang lebih tinggi. Namun karena sulit dan mahalnya memperoleh parts JDM, muncul berbagai aliran JDM terutama di Indonesia. Diantaranya adalah pure JDM, OEM JDM, dan JDM style.

Pure JDM yaitu modifikasi dengan mengaplikasikan semua produk buatan Jepang asli (bukan tiruan atau replika), baik OEM maupun buatan tuner (aftermarket). Tidak ada benda terpasang yang tidak berasal dari Jepang.


wakaba (kuning-ijo) itu buat pengemudi yg masih baru, alias baru bisa bawa mobil.
tapi banyak orang” yg make itu stiker buat mobil mereka yg beraliran "JDM” tanpa peduli sama arti sesungguhnya itu stiker.

koreisha (yg warna orange-kuning) itu buat nunjukin kalo si pengemudi mobil udah senior.

by: http://jdmcianjurcity.wordpress.com/category/arti-jdm/

Domo-kun
Category: news | Views: 7300 | Added by: yonatan | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Name *:
Email:
Code *:

Search

Day

Calendar

«  November 2011  »
SuMoTuWeThFrSa
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930

Entries archive